FITRIANA, UPIK MEI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN DI PEKALONGAN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (121kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Peer Lessons dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X-1 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas X-1 yang berjumlah 43 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 7,5% dan diakhir tindakan mencapai 39,5%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 10,% dan diakhir tindakan mencapai 42,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 21,1%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 37,5% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 27,5% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu sebelum tindakan sebesar 35% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, motivasi-belajar, Peer-Lessons, matematika, alat- peraga. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Aug 2011 04:36 |
Last Modified: | 23 Aug 2011 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14229 |
Actions (login required)
View Item |