ASTUTI, PUJI (2011) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MIND MAPPING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTs Negeri Nguntoronadi). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (110kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (BAb III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis (1) perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa., (2) perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal, (3) adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Semester II MTs Negeri Nguntoronadi tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Solving dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai metode Mind Mapping. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=6,54 (2) Ada perbedaan efek prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb= 93,99 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab= 1,55.Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Mind Mapping, Kemampuan Awal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Aug 2011 03:49 |
Last Modified: | 22 Aug 2011 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14204 |
Actions (login required)
View Item |