ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILIAIAN TINGKAT KINERJA KEUANGAN PADA KPRI BHAKTI HUSADA DINAS KESEHATAN KOTA SALATIGA

KRISNANTO, FANDI (2011) ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILIAIAN TINGKAT KINERJA KEUANGAN PADA KPRI BHAKTI HUSADA DINAS KESEHATAN KOTA SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga ditinjau dari rasio likuiditas, rasio rentabilitas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio leverage. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi koperasi untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan atau mengembangkan kinerja keuangan di masa yang akan datang. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga. Sumber data tersebut berdasarkan dari laporan-laporan keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga, data tersebut berupa laporan keuangan periodik perusahaan tahun 2006-2008. Berdasrkan penelitian diketahui bahwa dari analisis rasio likuiditas baik dilihat berdasarkan curret ratio, quick ratio, maupun cash ratio menunjukan adanya efisiensi penggunaan aktiva lancar dalam menjamin hutang lancar. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga termasuk kategori baik selama tahun 2006-2008 berdasrkan rasio likuiditas. Hasil analisis rasio rentabilitas baik dilihat berdasarkan rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri menunjukan kurang adanya efisiensi dalam menghasilakn laba, hal ini terlihat dari rasio yang stagnan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga termasuk kategori cukup baik selama tahun 2006-2008 berdasarkan rasio rentabilitas. Hasil analisis rasio profitabilitas baik dilihat berdasrkan gross profit margin, net profit margin, dan rate of return for the owners menunjukan kurang adanya efisiensi dalam menghasilkan laba, hal ini terlihat dari rasio yang rata-rata mengalami penurunan walaupun terjadi peningkatan pada gross profit margin. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga termasuk kategori cukup baik selama tahun 2006-2008 berdasarkan rasio profitabilitas. Hasil analisis rasio leverage baik dilihat berdasarkan total debt to equity ratio maupun total debt total to capital asset menunjukan adanya efisiensi dalam menjamin hutang dan bunga melalui total aktiva dan laba sebelum pajak, hal ini terlihat dari rasio yang rata-rata mengalami penurunan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga termasuk kategori baik selama tahun 2006-2008 berdasarkan rasio leverage. Hasil analisis rasio aktivitas baik dilihat berdasarkan total asset turnover, working capital turnover, maupun receivable turnover menunjukan adanya efisiensi penggunaan modal kerja dalam menghasilkan laba, hal ini terlihat dengan terjadinya peningkatan rasio. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kota Salatiga termasuk kategori baik selama tahun 2006-2008 berdasarkan rasio aktivitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-29
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan, likuiditas, rentabilitasprofitabilitas, leverage, dan aktivitas.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2011 05:28
Last Modified: 01 Nov 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item