ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA “SUKA” DI KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI TAHUN 2007-2009

NASTITI, FEBRIANITA DIAN (2011) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA “SUKA” DI KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) merupakan koperasi primer yang anggotanya para pegawai negeri di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan koperasi dengan menggunakan analisis Rasio Penghasil Bunga, Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Rentabilitas dan Rasio Aktivitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “SUKA” di Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Dalam penelitian ini memiliki hipotesis diduga Koperasi “SUKA” menunjukkan kriteria baik dilihat dari analisis Rasio Penghasil Bunga, Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Rentabilitas dan Rasio Aktivitas dalam kurun waktu 3 tahun dari tahun 2007-2009. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu koperasi KPRI ”SUKA” di kecamatan Geneng dengan tahun analisis sampel yang digunakan adalah dari tahun 2007-2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa Laporan Keuangan Neraca dan Laporan Keuangan Perhitungan Hasil Usaha. Ada dua teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara (interview) dan observasi (observation). Alat analisis yang digunakan yaitu Rasio Penghasil Bunga, Rasio Likuiditas yang berupa Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio, Rasio Leverage yang berupa Total Debt to Equity Ratio dan Total Debt to Total Asset Ratio, Rasio Rentabilitas berupa Return On Equity, Return On Assets dan Loan to Deposit Ratio, dan Rasio Aktivitas yang berupa Receivable Turn Over, Average Collection Periode, Inventory Turn Over, dan Average Day’s Inventory. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa analisis kinerja keuangan dengan menggunakan Rasio Penghasil Bunga untuk koperasi ini menunjukkan kinerja yang tidak baik, Rasio Likuiditas berupa Current Ratio dan Quick Ratio menunjukkan kinerja keuangan yang baik, dan Cash Ratio menunjukkan kinerja keuangan yang tidak baik sehingga dilihat dari Rasio Likuiditas koperasi ini mempunyai kinerja keuangan yang tidak baik, dalam Rasio Leverage yang berupa Total Debt to Equity Ratio dan Total Debt to Total Asset Ratio menunjukkan kinerja keuangan yang baik sehingga dilihat dari Rasio Leverage koperasi ini mempunyai kinerja keuangan yang baik, Rasio Rentabilitas berupa Return On Equity dan Return On Assets menunjukkan kinerja keuangan yang tidak baik namun Loan to Deposit Ratio menunjukkan kinerja keuangan yang baik sehingga dilihat dari Rasio Rentabilitas koperasi ini mempunyai kinerja keuangan yang tidak baik dan Rasio Aktivitas yang berupa Receivable Turn Over, Average Collection Periode, Inventory Turn Over, dan Average Day’s Inventory menunjukkan kinerja keuangan yang baik sehingga dilihat dari Rasio Aktivitas koperasi ini mempunyai kinerja yang baik. Secara keseluruhan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis rasio kinerja keuangan tersebut menunjukkan bahwa Koperasi Pegawai Republik Indonesia “SUKA” di Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi mempunyai kinerja yang tidak baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan, Koperasi Pegawai Republik Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2011 05:22
Last Modified: 20 Aug 2011 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item