Kurniawati, Anik (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK TK A MELALUI PERMAINAN MEMBACA CERITA BERGAMBAR DI TK AISYIYAH 14 DANUKUSUMAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (109kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak TK A melalui permainan membaca cerita bergambar di TK Aisyiyah 14 Danukusuman Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah 14 Danukusuman Surakarta dengan kondisi awal yang terlihat kurang komunikatif untuk diajak bercakap-cakap dan kurang percaya diri. Anak lebih banyak mendengarkan guru di depan kelas dengan pembelajaran yang kurang menarik. Anak lebih banyak menerima informasi daripada mengeluarkan pendapatnya sendiri, sehingga bahasa dan kosa kata yang dimiliki terbatas. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 2 siklus. Bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru sebagai teman sejawat. Penelitian tindakan kelas ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang ada dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak melalui permainan membaca cerita bergambar dari pra siklus sampai siklus II. Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana pra siklus 25%, siklus I 56,2%, dan siklus II sebesar 87,5%. Kemampuan mengulang kalimat sederhana pra siklus 25%, siklus I 50%, dan siklus II 81,2%. Sedangkan kemampuan menjawab pertanyaan secara sederhana pra siklus adalah 37,5%, siklus I 62,5%, dan siklus II 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan membaca cerita bergambar dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak, selain anak akan berkembang daya imajinasinya tentang cerita yang disampaikan peneliti melalui gambar, anak dapat mendapatkan kosa kata baru serta ide-ide kreatif untuk mengungkapkan pendapatnya dengan bahasa yang sederhana. Keberhasilan dalam peningkatan kemampuan berbahasa lisan ini, juga dipengaruhi faktor-faktor pendukung diantaranya variasi setiap pertemuan, pemberian waktu lebih banyak supaya anak bisa bereksplorasi menyampaikan cerita di depan teman-temannya dan pemberian motivasi sebagai penghargaan pada akhir kegiatan bercerita.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa lisan, permainan membaca cerita bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 09:12 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 09:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14136 |
Actions (login required)
View Item |