AZIZAH, TRI NUR (2011) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-ANIS, KARTASURA, TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (448kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (310kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kreativitas anak perlu ditingkatkan, karena pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui permainan konstruktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B Tk Islam Al-Anis, Kartasura, semester II tahun pelajaran 2010/2011. Adapun jumlah anak didik kelompok B Tk Islam Al-Anis Kartasura adalah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui permainan konstruktif, pada kreativitas pra siklus sebesar 13.33%, peningkatan kreativitas siklus I sebesar 46.67%, peningkatan kreativitas siklus II mencapai 80.00%, dan peningkatan kreativitas siklus III mencapai 83.00%. untuk meningkatkan kreativitas anak melalui permainan konstruktif juga didukung oleh beberapa indikator yaitu reaksi aktif, rasa ingin tahu yang kuat, spontanitas yang tinggi, tidak mudah merasa bosan dan berani mengambil resiko. Selain itu keberhasilan dalam meningkatkan kreativitas ini juga didukung metode pendukung diantaranya dengan pemberian tugas, praktek langsung, pemberian motivasi bagus ok, Unik Sekali….. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan konstruktif “lego” dapat meningkatkan kreativitas anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A520/2011-17 |
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, permainan konstruktif “lego” |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 09:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14135 |
Actions (login required)
View Item |