Ekawati, Dian (2011) IMPLEMENTASI WHOLE LINGUISTIC DALAM PERMAINAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Pertiwi Munggur, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
Abstract
Penguasaan bahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa anak usia dini adalah dengan permainan membaca Whole Linguistic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi Munggur Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan membaca anak melalui pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic yakni sebelum tindakan 23 %, siklus I mencapai 49.5 %, dan siklus II mencapai 89.5 %. Pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permaianan membaca dapat meningkatkan penguasaan membaca anak usia dini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | whole linguistic permainan membaca, membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 07:28 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14134 |
Actions (login required)
View Item |