UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA KELAS B TK DHARMA WANITA PULUTAN WETAN WURYANTORO TAHUN AJARAN 2010/2011

Yuliani, Yuliani (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA KELAS B TK DHARMA WANITA PULUTAN WETAN WURYANTORO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu gambar pada anak kelas B TK Dharma Wanita Pulutan Wetan Wuryantoro Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) anak-anak mengalami peningkatan kemampuan membaca, 2) anak dapat menceritakan gambar yang ada dikartu gambar, 3) anak dapat menunjukkan kartu gambar sesuai dengan kartu kata, 4) anak dapat memasangkan kartu gambar dengan kartu kata, anak dapat membaca kata sederhana, 5) anak dapat mengidentifikasi huruf. Dalam prosentase keberhasilan membaca permulaan dengan permainan kartu gambar pada penelitian ini, yakni sebelum tindakan 21%, siklus I mencapai 52,6%, siklus II mencapai 78,9%. Pembelajaran dengan menggunakan kartu gambar ini juga didukung dengan metode lain yaitu percakapan, praktek langsung dan pemberian tugas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, membaca permulaan, permainan, kartu gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:32
Last Modified: 16 Aug 2011 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item