Hasanah, Ridaul (2011) UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH KERTONATAN KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak melalui metode bermain peran pada anak didik kelompok B TK Aisyiyah Kertonatan dan tentang keefektifannya. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B.1 TK Aisyiyah Kertonatan Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Alat yang digunakan untuk menjamin validitas data adalah triangulasi data, sedang dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan linguistik khususnya dalam hal berbicara melalui pembelajaran metode bermain peran makro pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan terdapatnya peningkatan prosentase dari sebelum tindakan sampai tindakan pada siklus III yaitu pada pra tindakan mencapai 41,18%, pada siklus I mencapai 52,94%, pada siklus II mencapai 64,70% dan pada siklus III mencapai 75,29%. Oleh karena itu, metode bermain peran merupakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini khususnya dalam hal kemampuan berbicara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan linguistik khususnya dalam hal kemampuan berbicara anak didik kelas B.1 TK Aisyiyah Kertonatan Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bermain peran, kecerdasan linguistik, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 06:23 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14127 |
Actions (login required)
View Item |