AMBARWATI, ADIYATI YENNI (2011) UPAYA MENINGKATKAN RECALL MEMORY ANAK MELALUI PENGGUNAAN CERITA FABEL PADA ANAK TK A DI RA UMMU SALAMAH, KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (515kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
Abstract
Adiyati Yenni Ambarwati (A 5200080317), Upaya Peningkatan recall memory anak melalui cerita fabel pada anak TK A di RA Ummu Salamah, Kartasura, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 176 halaman. Setiap anak memiliki daya ingat yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Agar ingatan anak dapat disimpan dengan baik dan dapat dikeluarkan sewaktu-waktu perlu adanya pengulangan kembali informasi yang telah diperoleh, ada banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan metode cerita fabel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA Ummu Salamah, Kartasura, semester II tahun pelajaran 2010/2011. Adapun jumlah anak didik kelompok A RA Ummu Salamah, Kartasura adalah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan recall memory anak melalui, metode cerita fabel, yakni pra siklus sebesar 16.67%, peningkatan recall memory siklus I sebesar 44.4%, peningkatan recall memory pada siklus II mencapai 77.7%, dan peningkatan recall memory pada siklus III mencapai 83.3%. Untuk meningkatkan recall memory anak melalui metode cerita fabel didukung oleh beberapa indikator yaitu anak mampu mendengarkan cerita, anak mampu menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita, anak berani maju kedepan kelas, anak mampu menceritakan isi cerita yang sudah didengar, anak mampu bercerita dengan kata-katanya sendiri, anak mampu bertanya, anak mampu menjawab pertanyaan.selain itu anak diberikan motivasi seperti very good, siip, bagus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A520/2011-18 |
Uncontrolled Keywords: | recall memory,” metode cerita fabel”. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 04:34 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14116 |
Actions (login required)
View Item |