Jannah, Dyah Rima Miftakhul (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS VII C SMPN 2 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah yaitu (1) penerapan metode partisipatif bagaimanakah yang dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas VIIC SMPN 2 S awit Boyolali tahun ajaran 2010/2011 (2) bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan metode partisipatif pada siswa kelas VII C SMPN 2 sawit Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan metode partisipatif dalam bercerita (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran bercerita setelah diterapkan metode partisipatif dan dapat meningkatkan kemampuan bercerita. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan, metode pembelajaran partisipatif yang sesuai dengan langkah-langkah atau peraturan dalam model penyusunan pecahan bujur sangkar, pembentukan kelompok, dan penggunaan gambar yang sesuai dengan tema sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada prasiklus terdapat 11 siswa (44%) yang memiliki nilai ≥ 70. Pada siklus I terajdi peningkatan dari 11 siswa menjadi 13 siswa (52%) memiliki nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, akan tetapi jumlah ketuntasan tersebut belum mencapai ketuntasan klasikal yakni 88%. Kemudian dilakukan siklus II dengan jumlah siswa yang memiliki nilai ≥ 70 adalah 22 siswa (88%) dan dinyatakan tuntas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran partisipatif, bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 10:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2011 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14102 |
Actions (login required)
View Item |