Kinanthi, Kinanthi (2011) PENERAPAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (208kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP 3 Sawit pada materi Keaneragaman Makhluk Hidup sub materi Plantae, Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran gallery of learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran gallery of learning yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 76,11% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 93,33%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (23,33%), dan mencapai 28 siswa (93,33%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran gallery of learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP 3 Sawit tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas proses, hasil belajar, gallery of laerning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 10:05 |
Last Modified: | 15 Aug 2011 10:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14100 |
Actions (login required)
View Item |