UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 KARANGDUREN KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2011

KUSRINAH, KUSRINAH (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 KARANGDUREN KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat kemampuan berbicara anak melalui dongeng dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri 2 Karangduren, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sebagai obyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 2 Karangduren Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa SD Negeri 2 Karangduren meningkat, hal ini terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 60,04 pada kondisi awal menjadi 61,6 pada tindakan siklus I dan menjadi 65,3 pada siklus II (Nilai KKM 63). Jumlah siswa yang nilainya di atas KKM juga meningkat, dari 5 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 10 siswa pada siklus I, dan menjadi 19 siswa pada siklus II dari jumlah siswa 24 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dongeng, meningkatkan kemampuan berbicara siswa SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Aug 2011 08:41
Last Modified: 15 Aug 2011 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item