PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAN TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS IV DI SD N II BOTO JATIROTO WONOGIRI

WIBOWO, AGUNG TRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAN TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS IV DI SD N II BOTO JATIROTO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._Halaman_Depan.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing dan True or False pada siswa kelas IV SD N II Boto, Jatiroto, Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan metode pembelajaran Role Playing dan True or False yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I sebesar 54,78 meningkat pada siklus II menjadi 78,78 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 94,60; sedangkan nilai rata-rata afektif pada siklus I sebesar 11,08 (termasuk kategori cukup berminat), pada siklus II sebesar 14,13 (termasuk kategori cukup berminat), dan pada siklus III meningkat menjadi 16 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing dan True or False dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV SD N II Boto, Jatiroto, Wonogiri tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode pembelajaran Role Playing dan True or False.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Aug 2011 08:23
Last Modified: 15 Aug 2011 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item