PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 3 COLOMADU

WULANDARI, RETNO (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 3 COLOMADU. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIF yang berjumlah 28 siswa Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi materi ekosistem siswa kelas VIIF SMP Negeri 3 Colomadu: 1) Hasil aspek kognitif siklus I prosentase ketuntasannya 67,86% (19 siswa), siklus II prosentase ketuntasnnya meningkat sebanyak 25% menjadi 92,86% (26 siswa), siklus III prosentase ketuntasnnya meningkat sebanyak 3,57% menjadi 96,43% (27 siswa); 2) Hasil aspek afektif siklus I rerata prosentase ketuntasanya 59,82%, siklus II rerata prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 21,43% menjadi 81,25%, siklus III rerata prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 15,18% menjadi 96,43%; 3) Hasil aspek psikomotorik siklus I rerata prosentase ketuntasannya 52,68%, siklus II prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 27,67% menjadi 80,35%, prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 12,51% menjadi 92,86%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : Pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Biologi dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas VIIF SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Aug 2011 03:13
Last Modified: 13 Aug 2011 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item