PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA SMP AL-ISLAM SURAKARTA

INAYATI, LILIS (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM SISWA SMP AL-ISLAM SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa model mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VII.G SMP L-Islam I Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan ekosistem dengan menerapkan model kooperatif Think Talk Write. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan analisis deskriptif kualikatif. Penelitian ini diawali dengan siswa membaca materi, mendiskusikan suatu permasalahan berupa pertanyaan, menulis hasil diskusi serta di akhiri dengan presentasi, kemudian diadakan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 45,93%; aspek afektif = 40,53%; dan aspek psikomotorik 49,99%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II aspek kognitif = 75,66%; aspek afektif = 83,1%; dan aspek psikomotorik = 87,15%. Peningkatan hasil belajar pada siklus III aspek kognitif = 97,27%; aspek afektif = 95,94%; dan aspek psikomotorik = 95,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pokok bahasan ekosistem siswa kelas VII.G SMP Al-Islam I Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-21
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Think Talk Write, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Aug 2011 02:41
Last Modified: 31 Oct 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item