SETIAWAN, ERI (2011) PENERAPAN STRATEGI TEAM QUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 CAWAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (82kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar PUstaka)
daftar_pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kea ktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Cawas Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quis. Sebelum diberikan tindakan, siswa kurang aktif dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan diskusi. Akan tetapi penerapan ceramah bervariasi belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan strategi pembelajaran Team Quis. Subjek penerima tindakan adalah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran serta dokumen atau arsip . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quis keaktifan siswa da lam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama dapat meningkat minimal 75% dari 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama meningkat menjadi 25(65,79%) pada siklus I dan meningkat menjadi 34(89,47%) pada siklus II dari kondisi awal yang hanya 15(39,47%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Team Quiz Mampu Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Cawas Tahun Pelajaran 2010/2011”terbukti dan dapat diterima kebe narannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Team Quis, Keaktifan Siswa, Siklus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Aug 2011 04:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2011 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14035 |
Actions (login required)
View Item |