PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINGOPURAN 0I KARTASURA

Negara, Maharani Panji (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINGOPURAN 0I KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (830kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia, (2). Ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. (3) Ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Singopuran 01 Kecamatan Kartasuro. Sampel Penelitian menggunakan tekhnik radom sampling dengan cara undian, sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kecerdasan emosional siswa dan nilai hasil akhir rapot siswa semester genap untuk prestasi belajar Bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan uji hogomonitas.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Metode pembelajaran kontekstual dapat menghasilkan prestasi belajar Bahasa Indonesia yang lebih baik daripada metode pembelajaran ceramah, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 4,627 > 4,013 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai metode pembelajaran kontekstual lebih besar dari metode pembelajaran ceramah, yaitu 75,61 > 69,35. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar Bahasa Indonesia ditinjau dari kecerdasan emosional siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 17,889 > 3,162. (3). Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa, dengan dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,405 < 3,162.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stategi Pembelajaran Kontekstual, dan Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:01
Last Modified: 12 Aug 2011 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item