PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS 1X C SMP NEGERI 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

NERISSA, RESKA (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS 1X C SMP NEGERI 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi dan keaktifan siswa pada materi pokok perkembangbiakan pada berbagai organisme dengan penerapan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, pengamatan sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif), dan sikap keterampilan siswa (aspek psikomotorik). Penelitian ini diawali dengan mengeksplor kemampuan siswa dengan menerapkan model Make a Match dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 71,2 dengan ketuntasan 69,44%; ranah afektif = 57,63%. dan ranah psikomotorik = 54,16%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 79,5 dengan ketuntasan 97,22%, ranah afektif= 96,53% dan ranah psikomotorik = 97,22%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Biologi dan keaktifan siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-18
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan, Penerapan Model Make a Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 12 Aug 2011 03:22
Last Modified: 31 Oct 2011 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item