PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bulu)

Fatimah, Fatimah (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bulu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Lampiaran_Depan.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DafTar_puStaKa.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat minat terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi reciprocal teaching dengan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Bulu tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas dan siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Mojolaban tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,907, (2) ada pengaruh tingkat minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 4,451, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,376.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 10:15
Last Modified: 10 Aug 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item