Istikhomah, Istikhomah (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab Iii)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I 18,75%, putaran II 19,63%, dan di akhir 21,88 %. b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38%, putaran I 18,75%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15,63%, putaran I 21,88%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 40,63%, d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 9,38%, putaran II 15,63% dan di akhir tindakan 21,87%, e) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 50%, putaran I 56,25%, putaran II 62,5% dan di akhir tindakan 78,13% dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 59,37%, putaran II 71,88%, putaran III 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, prestasi belajar, Van Hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 10:07 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 10:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14002 |
Actions (login required)
View Item |