RIYANTO, SUGENG (2011) KETERAMPILAN MENULIS WACANA NARASI ANAK KORBAN BENCANA MERAPI DI DESA SUROTELENG, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
C_O_V_E_R.pdf Download (142kB) |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Keterampilan menulis wacana narasi perlu dimiliki anak-anak yang terkena musibah bencana alam. Tujuan penelitian mendeskripsikan keterampilan menulis wacana narasi anak korban bencana di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, mengidentifikasi pengaruh bencana Merapi terhadap kemampuan anak menulis wacana narasi, mengidentifikasi pesan pada wacana narasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode metode simak dan cakap dengan teknik lanjutan yaitu teknik simak catat, teknik kuisioner, teknik wawancara dan teknik observasi secara langsung kepada anak-anak. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data anak. Subjek penelitian ini adalah anak- anak korban bencana merapi di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten boyolali dalam keterampilan menulis wacana narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterampilan anak dalam menulis wacana narasi, adanya nilai kearifan yang tersirat, adanya pesan yang disampaikan secara tidak langsung oleh anak korban bencana Merapi. Kesimpulan penelitian ini adalah Keterampilan anak dalam menuangkan ide, gagasan, dan kejadian yang menimpanya ke dalam bentuk wacana narasi sudah kreatif dan efektif serta menjadi suatu hal yang baik bagi perkembangan anak dan mengurangi beban yang ada pada anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis, efektif, efisien, kreatif, produktif, ekspresif, menidentifikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 10:07 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 10:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |