PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA DENGAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS VIII E SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

HASTUTI, DWI PUJI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA DENGAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS VIII E SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
PDF
3._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF
RENCANA_PELAKSANAAN_PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembelajaranva apresiasi drama dalam bermian peran siswa dengan media VCD. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII E yang melibatkan partisipasi siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi drama dalam bermian peran dengan menggunakan media VCD mengalami peningkatan, yang meliputi hasil belajar dan keaktifan siswa. Siswa dapat bermain peran dengan baik sesuai dengan lafal, intonasi, gesture dan mimik. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 55 dengan kategori kurang, selanjutnya nilai rata-rata kelas putaran I meningkat sebesar 62,5 dengan kategori cukup dan pada putaran II nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 68 dengan kategori baik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi drama juga mengalami peningkatan, keaktifan meliputi keaktifan bertanya dan menanggapi informasi yang disampaikan oleh guru. Keaktifan menanggapi informasi sebelum tindakan hanya 10 siswa yang aktif bertanya (27,77%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (47,22%) dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (66,66%). Sedangkan keaktifan siswa dalam bertanya saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan hanya 8 siswa (22,22%), pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (41,66%) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (61,11%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media VCD pada pembelajaran apresiasi drama dapat meningkatkan kemampuan apresiasi drama dan meningkatkan keaktifan siswa saat bertanya maupun menanggapi informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan apresiasi drama, media VCD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Aug 2011 10:00
Last Modified: 10 Aug 2011 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item