PENGGUNAAN MEDIA CERITA ANIMASI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK AMANAH UMMAH GEMOLONG TAHUN AJARAN 2010/2011

HANDAYANI, SRI (2011) PENGGUNAAN MEDIA CERITA ANIMASI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK AMANAH UMMAH GEMOLONG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Tujuannya penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan penggunaan media cerita animasi, hasil penggunaan media animasi, dan manfaat pembelajaran bahasa untuk melatih keterampilan berbicara pada siswa Taman Kanak-kanak Amanah Ummah Gemolong. Penelitian dilakukan di Taman Kanak-kanak Amanah Ummah Gemolong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B siswa Taman Kanakkanak Amanah Ummah Gemolong tahun ajaran 2010/2011. Data berasal dari kegiatan penelitian melalui catatan hasil pengamatan, daftar siswa, dan foto sebagai dokumentasi. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari wawancara dan observasi pada siswa dan guru Taman Kanak-kanak Amanah Ummah Gemolong. Teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yakni reduksi data, display data, dan penyimpulan. Teknik validitas data adalah trianggulasi data. Teknik penyajian data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cerita animasi dapat melatih keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran berbahasa. Dibuktikan dengan hasil pembelajaran keefektifan berbicara mengalami yang peningkatan pada siklus I sebanyak 53,6% (14 siswa) menjadi 88,5% (23 siswa) pada siklus II. Adanya peningkatan keterampilan berbicara yaitu pada siklus I pada aspek kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 siswa (42,3%) dan siklus II sebanyak 20 siswa (77%). Manfaat dalam penelitian ini siswa mampu berbicara di depan kelas tanpa ragu-ragu, berani bertanya dan menjawab sebuah pertanyaan, serta guru mampu mengenal karakter siswanya lebh baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media, cerita animasi, dan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Aug 2011 09:39
Last Modified: 10 Aug 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item