PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011)

Wulansari, Arum (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Based Learning. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 31,25 % meningkat sebanyak 75 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 9,38 % meningkat sebanyak 62,5 % pada akhir tindakan; 3) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,63% meningkat sebanyak 62,63 % pada akhir tindakan; 4) siswa yang menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 6,25 % meningkat sebanyak 34,38 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 09:33
Last Modified: 10 Aug 2011 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item