Huda, Miftakhul (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII Semester Genap MTsN Gondangrejo Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (805kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (234kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika setelah dilakukan pembelajaran melalui strategi Numbered Heads Together. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-H MTsN Gondangrejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan mengalami peningkatan: sebelum tindakan sebesar 25%, pada putaran I sebesar 31,25%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 50%, pada putaran III sebesar 87,5%. 2) keaktifan siswa dalam bertanya meningkat sebelum tindakan sebesar 18,75%, pada putaran I sebesar 21,875%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 37,5%, pada putaran III sebanyak sebesar 78,125%, 3) kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas meningkat sebelum tindakan sebesar 12,5%, pada putaran I sebesar 25%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 34,375%, pada putaran III sebesar 90,625%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatakan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together, minat belajar, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 08:56 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 08:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13993 |
Actions (login required)
View Item |