STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TPS Think Pair Share MENGGUNAKA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN MICROSOFT POWER POINT TERDADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Ariawati, Rahma (2011) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TPS Think Pair Share MENGGUNAKA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN MICROSOFT POWER POINT TERDADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan metode TPS (Think Pair Share) yang menggunakan media animasi macromedia flash dengan metode TPS (Think Paire Share) yang menggunakan media microsoft power point pada materi pelajaran ekosistem. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian “The Static Group Pretest-Postest Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen I (TPS dengan menggunakan media komputer Program macromedia flash) dan kelas X 2 sebagai kelas eksperimen II (TPS dengan menggunakan media komputer program microsoft power point). Teknik pengumpulan data prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dengan tes bentuk obyektif, aspek afektif dengan angket, analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independen sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPS dengan macromedia flash dan TPS dengan microsoft power point terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif dan afektif. Hal ini dapat ditunjukkan dari uji Independen sample t test dihasilkan bahwa t hitung 2,864 > t tabel 2,0129 untuk aspek kognitif, sedangkan prestasi belajar afektif siswa dengan kelas macromedia flash 100% siswanya memiliki predikat A (baik sekali), dan siswa dengan kelas microsoft power point 33% siswanya memiliki predikat A (baik sekali), dan 67% B (baik).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi. Metode TPS, macromedia, microsoft power point, prestasi belajar siswa, ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:45
Last Modified: 10 Aug 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13978

Actions (login required)

View Item View Item