Sulistianto,, Arif (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI POPONGAN 02 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (34kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Popongan 02 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Popongan 02 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah keseluruhan 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan jumlah item soal 25 butir untuk motivasi belajar dan 25 butir untuk keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan prestasi belajar matematika diambil dari nilai raport semester gasal. Dari penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 3,293 > ttabel (? /2; df = n – 1 = 2,023) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < ? (0,05). Keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 5,046 > ttabel (? /2; df = n – 1 = 2,023) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < ? (0,05). Dari hasil uji t diketahui bahwa keaktifan siswa lebih besar memberikan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika bila dibandingkan motivasi belajar. Hal ini terbukti dari nilai thitung keaktifan siswa (5,046) > thitung motivasi belajar siswa (3,293). Begitu juga sumbangan efektif yang diberikan keaktifan siswa lebih besar terhadap prestasi belajar matematika bila dibandingkan motivasi belajar siswa. Dimana besar SE keaktifan siswa sebesar 35,86% > SE motivasi belajar siswa sebesar 16,84%. Berdasarkan hasil analisis uji F (uji kecocokan model) diketahui bahwa secara bersama-sama motivasi belajar siswa dan keaktifan siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini terbukti dari nilai Fhitung sebesar (20,584) > Ftabel (2,87).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran, dan Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 05:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 05:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13974 |
Actions (login required)
View Item |