PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL SNOW BALLING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

LESTARI, ENDANG PUJI (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL SNOW BALLING DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini berjumlah 171 siswa dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 67 siswa yang dijadikan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test), yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 1,03 < ttabel= 1,997, (2) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek afektif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 21,61 > ttabel= 1,997, (3) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual model snow balling dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotor berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 3,54 > ttabel= 1,997.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, snow balling, media grafis, dan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 10 Aug 2011 03:15
Last Modified: 10 Aug 2011 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item