PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKAH I TAHUN AJARAN 2010/2011

Ardiningrum, Nisa (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKAH I TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan proses pembelajaran PKN kelas IV di SD Negeri Pakah I serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi sistem pemerintahan pusat dengan metode LSQ (Learning Start With A Question).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakah I, yang berjumlah 20 siswa, yaitu siswa laki-laki berjumlah 7 dan siswa perempuan berjumlah 13 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (40%), siklus I sebanyak 14 siswa (70%), siklus II sebanyak 18 siswa (90%).Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode LSQ (Learning Start With A Question) dalam pembelajaran Pkn pada materi sistem pemerintahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Pakah I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode LSQ (Learning Start With A Question), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 09:29
Last Modified: 29 Feb 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item