Purwaningsih,, Endang Okta (2011) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI KINCIR ANGIN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD NEGERI JURANGJERO 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana pada siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana pada siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA bagi siswa kelas III dengan penggunaan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dengan menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman (1992: 20) yang meliputi tahap penggumpulan data, pengelompokan menurut variabel,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari prasiklus sampai siklus ke-dua menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 22,73%, siklus I sebesar 40,91%, siklus II sebesar 90,91%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode demonstrasi, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 09:16 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 09:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13954 |
Actions (login required)
View Item |