RAISTYANI, Ayu Fajar (2007) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI FAVORIT DAN BUKAN FAVORIT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
F100020187.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
Abstract
SMA Negeri favorit dan bukan favorit dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah diperlukan guru BP yang memberikan bimbingan dan konseling pada siswa. Bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. Bimbingan dan konseling dalam belajar yang diberikan guru BP merupakan hal penting dengan harapan agar siswa dapat belajar secara mandiri sehingga prestasi belajar dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan kemandirian belajar pada siswa. (2) tingkat persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. (3) tingkat kemandirian belajar pada siswa. (4) perbedaan persepsi layanan bimbingan dan konseling dengan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri favorit dan bukan favorit di Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tegal (SMA favorit) dan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 tegal (SMA bukan favorit). Sampel pada siswa duduk di kelas XI SMA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan uji t-tes. Kesimpulan dari hasil penelitian, yaitu: (1) Ada hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan kemandirian belajar pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil korelasi product moment diperoleh rxy = 0,702 dengan p < 0,01. (2) Tidak ada perbedaan persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling, serta kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri favorit dan bukan favorit di Tegal. Hal ini ditunjukkan berdasarkan uji anava distribusi tunggal diperoleh hasil Fbeda = 0,047 dengan p > 0,05. (3) Tingkat persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, serta tingkat kemandirian belajar pada siswa tergolong sedang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi terhadap layanan bimbingan dan koseling, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 20 May 2009 03:01 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1390 |
Actions (login required)
View Item |