PURWANTI, RITA DWI (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN LKS (PTK di SMPN 2 Banyudono Kelas VII Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (367kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Lightening The Learning Climate melalui penggunaan LKS pada pokok bahasan Persegi Panjang dan Persegi. Jenis penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 36. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian: 1) ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan meningkat dari 5,56% menjadi 55,56%, b) mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat dari 5,56% menjadi 33,33%, c) mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 8,33% menjadi 41,67%, d) membuat kesimpulan dengan benar baik secara mandiri atau kelompok meningkat dari 27,78% menjadi 55,56%. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus KKM (≥60) meningkat dari 33,33% menjadi 94,44%, b) mempunyai nilai diatas rata-rata kelas meningkat dari 33,33% menjadi 66,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, prestasi belajar,lightening the learning climate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 05:57 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 05:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13899 |
Actions (login required)
View Item |