SUSANTI, MUGIYANTI SRI (2011) FAKTOR-FAKTOR UNTUK MENINGKATKAN DAYA NALAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (237kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor untuk meningkatkan daya nalar dan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo. Data yang dikumpulkan melalui Metode observasi, wawancara, hasil tes siswa, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur; yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak masih rendah pada masalah analisis soal segi empat dalam pemecahan masalah yang kompleks serta berkaitan dengan manipulasi matematika dan menerapkannya dalam bahasa matematika berhubungan dengan ukuran panjang, lebar, luas, keliling, dan pola gambar juga masih rendah. Berdasarkan analisis jawaban siswa, diskusi siswa dan wawancara yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa faktor-faktor untuk meningkatkan daya nalar dan kemampuan komunikasi siswa tersebut adalah gabungan dari pemahaman siswa, waktu pengerjaan, penguasaan materi pelajaran, metode yang tepat dalam pembelajaran dan penggunaan alat peraga yang sesuai. Selain hal itu untuk meningkatkan daya nalar dan kemampuan komunikasi siswa adalah dengan memberikan soal-soal yang bervariasi, berdiskusi saling mengajukan pendapat disertai dengan argumen-argumen untuk pemecahan masalah dan pertanyaan-pertanyaan bimbingan tahapan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi, dan memeriksa jawaban kembali. Belajar matematika menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, menjelaskan gagasan, membuat pernyataan matematika, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan masalah, memberikan latihan, mengembangkan hubungan matematika atau secara umum dapat dikatakan untuk meningkatkan daya nalar dan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | daya nalar, kemampuan komunikasi siswa, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 05:11 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13807 |
Actions (login required)
View Item |