FADHILAH, ISTRI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 89 orang siswa dengan teknik sampel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 6,901+ 0,970X1 + 0,761X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akumtansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 4,870 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif 26,16%; 2) “Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,879 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif 18,94%; 3) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,266 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 05:38 |
Last Modified: | 03 Aug 2011 05:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13785 |
Actions (login required)
View Item |