UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (BAb II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar siswa, strategi everyone is a teacher here. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 10:03 |
Last Modified: | 02 Aug 2011 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13767 |
Actions (login required)
View Item |