PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 REJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

MULPRATANGGA, GIGIH (2011) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 REJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (655kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DaftarPustakan.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 9,880 + 0,455X1 + 0,363X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,091 > 2.052 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,046 dengan sumbangan efektif sebesar 14, 6%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,200 > 2.052 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 15,9%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,916 > 3,354 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,305. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,305 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 30,5% sedangkan 69,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 05:41
Last Modified: 02 Aug 2011 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13754

Actions (login required)

View Item View Item