RINDIAWATI, RINDA (2011) STUDY PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MOJOSONGO V MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (458kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran POE dan Pencocokan Kartu Indeks terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Mojosongo V Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Mojosongo V Mojosongo Jebres Surakarta. Sampel diambil sebanyak adalah 42 orang siswa kelas V. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji linieritas dan uji t. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,984 > 2,035 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005. Sehingga dapat dikatan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap prestasi belajar; 2) Uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,358 > 2,035 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,024. Sehingga dapat dikatan bahwa ada pengaruh model pembelajaran pencocokan kartu indek terhadap prestasi belajar; 3) Dengan membandingkan hasil uji t model pembelajaran POE lebih besar dan uji t model pembelajaram pencocokan kartu indek diperoleh hasil sebesar 2,984 > 2,358. Hal ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran POE lebih Baik dibandingkan model pembelajaran pencocokan kartu indek. Dapat dikatakan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada perbedaan antara model pembelajaran POE dengan Pencocokan Kartu Indeks terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas V SDN Mojosongo V Surakarta” dapat diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran POE , Pencocokan Kartu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 29 Jul 2011 03:41 |
Last Modified: | 29 Jul 2011 03:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13748 |
Actions (login required)
View Item |