HARYANTI, WAHYU IKA (2011) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_AWAL.pdf Download (360kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) menganalisis efek interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode liliefor untuk uji normalitas dan metode bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 6,776 (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 12,154 (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 2,668.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Conceptual Understanding Procedures, Auditory Intellectualy Repetition, kemampuan awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 07:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13710 |
Actions (login required)
View Item |