PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN MAKAM HAJI 03 KARTASURA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

AMPRULOH, IMPRON (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN MAKAM HAJI 03 KARTASURA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pada pokok operasi hitung campuran menggunakan penerapan metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Makam Haji 03 Kartasura, Sukoharjo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok materi operasi hitung campuran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran pada ranah afektif yaitu adanya peningkatan dari kemampuan bertanya: 62.5% pada siklus I, 66.6% pada siklus II, 87.5% pada siklus III. Menjawab pertanyaan: 58.3% di siklus I, 75% di siklus II, 91.6% pada siklus III. Mengerjakan soal didepan kelas: 58.3% siklus I, 70.8% siklus II, 87.5% siklus III. Mengerjakan soal-soal latihan: 62.5% pada siklus I, 66.6% pada siklus II, 83.3% pada siklus III. Sedangkan pada ranah kognitif yaitu: sebelum tindakan sebesar 29% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 54% pada siklus I, kemudian 75% pada siklus II dan 87.5% di siklus III dengan siswa sebanyak 24. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes dengan KKM sebesar ≥ 65. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Matematika dalam pokok materi operasi hitung campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Makam Haji 03 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,metode kooperatif TAI (Team Assisted Individalization).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 02:58
Last Modified: 28 Jul 2011 02:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item View Item