PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GAYAMDOMPO KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KURNIAWAN, ADI (2011) PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GAYAMDOMPO KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan metode take and give berbasis kontekstual dalam mingkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat, (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gayamdompo yang berjumlah 40 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Metode analisis data yang digunakan adalah analysis interactive model yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian dapat dilihat hasil dari penelitian tersebut dengan hasil belajar siklus I sebesar 55,75%, siklus II adalah 77,25% dan kemudian siklus II adalah 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode take and give berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang sebelumnya rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode Take and Give.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 10:32
Last Modified: 27 Jul 2011 10:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item