PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

DURRATI, NARLINA DWI (2011) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar secara bersama- sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 142 siswa. Sampel diambil sebanyak 47 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 29,38 + 0,52X1 + 0,67X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Keharmonisan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,556 > 1,679. (2) Kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,033 > 1,679. (3) Keharmonisan keluarga dan kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 5,944 > 3,209. Variabel keharmonisan keluarga memberikan sumbangan relatif sebesar 38,05% dan sumbangan efektif 7,99%. Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 61,95% dan sumbangan efektif 13,01%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, kedisiplinan belajar, dan prestasi belajar matematika siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 09:20
Last Modified: 27 Jul 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13674

Actions (login required)

View Item View Item