NILAI – NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NUSANTARA MENCARI GURU SEJATI DAN RELEVANSINYA DI SD NEGERI I BOWAN KECAMATAN DELANGGU

NUGROHO, NOVIK WAHYU (2011) NILAI – NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NUSANTARA MENCARI GURU SEJATI DAN RELEVANSINYA DI SD NEGERI I BOWAN KECAMATAN DELANGGU. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pengajaran sastra di Sekolah Dasar jika dilaksanakan secara baik-baik dan benar, paling tidak sedikit banyak dapat menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi anak yang pada tingkat selanjutnya menyumbangkan pembentukan watak dan pribadi bangsa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono dan implikasinya di SD Negeri I Bowan Kec. Delanggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan serta makna pembelajaran nilai yang terdapat dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati karya Angga Wicaksono. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku cerita rakyat yang berjudul Mencari Guru Sejati Karya Angga Wicaksono. Obyek penelitian adalah nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam buku cerita rakyat Mencari Guru Sejati. Metode pengumpulan datanya adalah analisis isi, wawancara, observasi. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Mencari Guru Sejati Karya Angga Wicaksono meliputi: nilai religius, nilai sosial, nilai moral dan nilai etika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan cerita rakyat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 09:04
Last Modified: 27 Jul 2011 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item