PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN True or False TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA POKOK BAHASAN BIOTEKNOLOGI SISWA KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

RAHAYU, PUJI (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN True or False TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA POKOK BAHASAN BIOTEKNOLOGI SISWA KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Bioteknologi dengan penggunaan strategi True or False dengan media asli siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi True or False yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 6,58 dari nilai awal sebesar 5,78 ; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 14,44 (kurang berminat ). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 6,76 dari siklus I yang hanya 6,58; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 18.94 (cukup berminat ). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 7,88; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 21,08 (berminat) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi True or False dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), Strategi True or False, Media Asli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:26
Last Modified: 27 Jul 2011 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item