HARIYATI, NITA SRI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__2.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__3.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media gambar, kemampuan membaca permulaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 04:33 |
Last Modified: | 27 Jul 2011 04:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13645 |
Actions (login required)
View Item |