UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)

HARIYATI, NITA SRI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, kemampuan membaca permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:33
Last Modified: 27 Jul 2011 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

View Item View Item