PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ANGGANA Y, DEVY AKBAR (2011) PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pendekatan konseling realistis dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah manusia yaitu tiga orang siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, peristiwa yaitu proses belajar mengajar dikelas, tempat di kantor TU, ruang kelas, UKS. Sedang dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak diantara empat komponen (termasuk proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang masalah kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III (tiga) SD Negeri Tunggulsari 01, dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar terletak dari faktor internal dan eksternal. Bertumpu pada hasil akhir penilaian proses dan penilaian hasil belajar setelah dilakukan tindakan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pendekatan konseling realistis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika serta mampu merubah prilaku siswa yang kurang baik kearah yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Realistis, Kesulitan Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Jul 2011 10:38
Last Modified: 26 Jul 2011 18:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item