WIJAYANTI, APRI (2011) PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN Mojodoyong sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keterampilan berbahasa berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,344 > 2,007. 2) Kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,410 > 2,007. 3) Keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,870 > 3,175. 4) Variabel keterampilan berbahasa memberikan sumbangan efektif 15,466%. Variabel kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif 25,234%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan penalaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika dibandingkan variabel keterampilan berbahasa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbahasa, kemampuan penalaran dan kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 10:26 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 18:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13633 |
Actions (login required)
View Item |