RAHMATUN, DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE FIRING LINE (PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
persetujuan.pdf Download (380kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar dan (2) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Andong Boyolali , yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan keaktifan belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam menjawab pertanyan dari guru sebelum tindakan 25,81%, putaran I 38,17%, putaran II 51,61%, dan di akhir tindakan 70,97%. b) antusias siswa dalam mengemukakan ide atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,13%, putaran I 30,76%, putaran II 52,56% dan di akhir tindakan 80,65%, c) antusias mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 0%, putaran I 12,90%, putaran II 22,58% dan di akhir tindakan 32,26%, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai 61 sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (50%), putaran I sebanyak 18 siswa (58,06%), putaran II sebanyak 23 siswa (74,19%), putaran III sebanyak 30 siswa (96,77%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-40 |
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran aktif, Firing Line |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 10:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13632 |
Actions (login required)
View Item |