WIDYANINGSIH, IRA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA ( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._cover-abstrak.PDF Download (122kB) |
|
|
PDF (Bab II)
03._BAB_I.PDF Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.PDF Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.PDF Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.PDF Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.PDF Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.PDF Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._lampiran-lampiran.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo pada materi UASBN yaitu aritmatika, geometri, dan pengolahan data melalui pendekatan tutor sebaya. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo yang berjumlah 37 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo melalui pendekatan tutor sebaya. Adanya peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) keberanian untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 48,65%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 32,43%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 35,14%, 4) mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 8,11% dan setelah tindakan 35,14%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai ≥25 sebesar 43,24% dan setelah tindakan mencapai 75,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif melalui pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, tutor sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 10:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 19:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13629 |
Actions (login required)
View Item |