IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Colomadu Kabupaten Karangayar)

Triana A., Hafifah (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Colomadu Kabupaten Karangayar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover,hal_depan_&_abstrak.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran reciprocal teaching dan reciprocal learning dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan α = 5%. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) ada perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,624, (2) tidak ada perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 0,541, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 1,347.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching , reciprocal learning, dan kemamapuan awal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 09:40
Last Modified: 26 Jul 2011 19:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item